Sharing info seputar Artikel, Tutorial, Informasi yang bermanfaat.

Membuat Auto Blog di Blogger

Tidak ada komentar

Sebenarnya Autoblog lebih di rekomendasikan kepada Wordpress selft hosting, karena dengan wordpress autoblog bisa jauh lebih maksimal, akan tetapi kita juga bisa membuat atublog di blogger.......


Apa itu autoblog?
Autoblog adalah sebuah blog dimana blog tersebut memiliki konten2 atau artikel2 yang terupdate secara otomatis tanpa diketik oleh pemilik autoblog tersebut (makanya dinamakan autoblog atau blog otomatis). Tapi, konten2 tersebut sayangnya harus mengambil feed dari blog lain, jadi artinya seperti meng co-pas tapi secara otomatis dan tentunya tidak baik untuk dilakukan. Beberapa orang berpikir autoblog sama seperti blog auto content, padahal kedua jenis ini jelas2 berbeda namun sama2 menjengkelkan :)

Apa kelebihan autoblog?
Kelebihan dari autoblog yaitu seperti yang sudah dijelaskan diatas, autoblog memiliki kelebihan dalam hal waktu dan tenaga karena konten2 atau artikel2 terupdate secara otomatis tanpa diketik oleh pemilik autoblog tersebut. Autoblog ini sangat cocok bagi blogger yang ingin terus mengupdate blognya tapi tidak memiliki cukup waktu untuk membuat artikel sendiri atau sangat cocok bagi blogger yang malas :)

Apa kekurangan autoblog?
Kekurangan autoblog yaitu tidak disukai mesin pencari atau search engine terutama google. Karena seperti yang telah di tulis diatas yaitu autoblog dihasilkan dari feed blog lain atau dalam arti lain meng co-pas secara otomatis artikel blog lain, jadi tentunya hal ini akan dihitung sebagai duplicate content bagi google dan jika hal ini terjadi terus menerus dan semakin banyak konten duplikasi pada autoblog tersebut maka tentu saja google akan memberikan hukuman bagi blog yang memakai sistim autoblog tersebut. Dan tentu saja selain google, auto blog juga sangat tidak disukai oleh para pemilik blogger yang tidak menganut paham copy-paste :)

Bagaimana cara membuat autoblog?
Cara membuat auto blog atau blog otomatis di platform blogspot sebenarnya mudah. Bagi blogger pemalas atau yang kekurangan waktu untuk menulis artikel tidak ada salahnya membuat auto blog, di mana artikel yang terposting nanti otomatis. Jadi, sambil dalam kesibukan, ngorok, makan, bahkan saat sobat di toilet, artikel demi artikel akan berdatangan secara otomatis....... 
Ikuti langkah cara membuat autoblog di platform blogspot berikut :
1.Pengaturan di blogspot :

Log in ke account blogspot sobat, settings >> e-mail & mobile. Pada e-mail posting address : isikan secretwords nya.
( contoh :fahmiardhi.bloggspot.com )
 Centang button "publish emails immediately" >> Save settings.

2.Pengaturan di gmail :

Log in ke account gmail sobat, click settings (ada di pojok kanan atas account gmail), click tab Filters >> create a new filter.
Pada kotak isian to : Isikan alamat gmail sobat >> next step.......
Centang forward it to >> Isikan dengan alamat email yang telah sobat buat pada step "Pengaturan di blogspot".
Click update filter....

3.Pengaturan di feedmyinbox

Selesai, sekarang carilah blog yang sobat ingin jadikan mangsa dari autoblog sobat, tapi hanya cari blog yang ada fasilitas untuk berlangganan lewat feedburner. Jika sobat sudah menentukan targetnya, sekarang berlanggananlah artikel via feedburner dari blog yang sudah di targetkan menjadi mangsa, isikan alamat email gmail sobat di feedburner (coba lihat contoh langganan artikel via feedburner dibawah artikel ini, scroll down mousenya), eittsss, tapi blog saya jangan dijadikan mangsa yah :)
Nah, nanti setelah blog mangsa mengupdate artikelnya, feedburner akan mengirim hasil updatenya via email ke gmail sobat dan gmail akan men-forward ke blog sobat dan akan langsung ter auto publish!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar