Sharing info seputar Artikel, Tutorial, Informasi yang bermanfaat.

Tips Agar Presentasi Tidak Membuat Ngantuk

Tidak ada komentar

Tips Agar Presentasi Tidak Membuat Ngantuk

Presentasi…presentasi dan presentasi. Seolah-olah sudah menjadi hal biasa bagi kalangan mahasiswa disaat kegiatan perkuliahan. Tugas dari dosen adalah satu satu unsur penyebab mengapa harus presentasi. Bagi sebagian mahasiswa ada yang menganggap tugas presentasi adalah tugas yang berat, namun ada juga yang menganggap tugas menyenangkan. Ya, sebenarnya presentasi adalah metode perkuliahan yang sangat banyak manfaatnya, dan tentunya menyenangkan. Dengan presentasi, kegiatan perkuliahan tidak akan monotone dan mahasiswa bisa aktif untuk menyampaikan materi yang dibawakannya. Inilah salah satu tujuan dosen memberikan tugas dalam bentuk presentasi, yaitu agar mahasiswa menjadi lebih aktif dan tidak hanya mendengarkan presentasi materi dari dosen saja. Saat ini pun hamper semua mata kuliah pasti ada tugas yang mengharuskan mahasiswanya untuk menyampaikannya secara presentasi di depan mahasiswa lain, entah itu individu maupun kelompok.

Nah, sering kali jika kita (mahasiswa) membawakan presentasi, terkadang tidak memperhatikan hal-hal yang mendukung untuk presentasi tersebut. Dan kebanyakan saat presentasi di depan kelas, mahasiswa hanya sekedar di depan dan membaca tulisan yang ada di slide presentasi. Padahal, presentasi yang sebenarnya bukan seperti itu.

Beberapa kesalahan yang dilakukan mahasiswa saat presentasi adalah sebagai berikut :

1. Yang mempresentasikan dalam posisi duduk. (Sebenarnya duduk juga boleh, tetapi alangkah baiknya jika presentasi dilakukan dalam posisi berdiri dan menghadap audience.)

2. Saat presentasi hanya membacakan tulisan yang ada di slide, atau membaca catatan yang dibawanya.

3. Slide presentasi bukan pokok pikiran materi melainkan penjelasan-penjelasan lain yang sebenarnya itu harus dijelaskan secara lisan.

4. Tampilan slide yang kurang menarik.

5. Grogi saat presentasi sehingga pembawaan materi presentasi terkadang tidak sesuai alur yang akan disampaikan.

Dari penyebab-penyebab di atas, kita sebagai audien pasti akan jenuh bahkan tidak memperhatikan apa yang sedang dipresentasikan oleh teman kita, dan suasana presentasi pun menjadi tegang, sunyi dan sepi
dan yang paling memprihatikan jika ada yang ngantuk, nah, inilah yang perlu kita perhatikan betul Untuk mengatasi hal-hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa anda coba, dan diharapkan nantinya akan membuat
presentasi anda menarik dan tidak akan membuat “ngantuk” para audience.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar