Rabu, 11 April 2012

Perbedaan GSM Dan CDMA

Perbedaan GSM dan CDMA - Udah pada tau CDMA dan GSM belum nih ? Wah, pastinya tau dong hehe kan kita udah punya handphine CDMA dan GSM , ada lagi yang pakai kartu CDMA dan GSM hehe. Hmm, sebenarnay ada juga sih yang belum tau makanya saya memposting ini. Mungkin disini akan saya jelaskan menurut pemahaman saya sendiri yah dimana yang telah saya pelajari sebelumnya.

Dari aspek teknologinya baik GSM maupun CDMA merupakan standar seluler digital, hanya bedanya dimanaGSM dikembangkan oleh negara bagian Eropa yang bersifat " Open Source " sedangkan CDMAdikembangkan Amerika dan Jepang. Terbukti kan memang dari dulu negara - negara seperti Jepang, Amerika, Eropa serta Cina sudah menguasai teknologi yang sangat maju. Teknologi CDMA ini didesain tidak peka terhadap interferensi dan sejumlah pelanggan atau user dalam satu sel dapat mengakses spektrum frekuensi secara bersama dengan user lain karena menggunakan teknik pengkodean tertentu. CDMAmemiliki kelebihan yang ditawarkan kepada usernya yaitu komunikasi seluler tidak lagi rawan radiasi, tidak terputus putus, tarif menjanjikan lebih murah jadi jangan heran, kaget atau panik jika tarif antar CDMA itu murah yah hehe. Bagaimana dengan GSM ? Ternyata GSM juga punya keistimewaan yaitu adanya standadisasi interface antar masing masing sub sistem. Dengan demikian maka GSM menjanjikan bahwa suatu sistem tidak harus dikuasai oleh satu merk dimana Switching, Base Station dapat berasal dari merk yang berbeda.

Perbandingan GSM dan CDMA dalam Tabel


JenisCDMAGSM
Kualitas Suara Lebih Jernih -
Kualitas Data Lebih Cepat dan Berkualitas Sering Terjadi Drop Call
JangkauanTerbatas (sementara)Lebih Luas
Biaya Per UserLebih Murah-
SecuritySulit DisadapMudah Disadap
RoamingMasih TerbataLuas
AksesorisHandset terbatas dan tidak bisa berpindah pindahFleksibel dan banyak pilihan



Jika dibandingkan lebih mendalam, adapun kelemahan teknologi CDMA dibandingkan GSM yaitu :

1. Luas cakupan BTS pada CDMA sangat bergantung pada beberapa pelanggan yang menggunakannya. Jika GSM, berapapun yang menggunakannya cakupannya tetap.

2. Cakupan CDMA sama dengan GSM namun tergantung dari beberapa frekuensi yang digunakan. Makin kecil frekuensi yang digunakan, maka makin luas cakupannya. Kalau CDMA menggunakan frekuensi 1900 MHz maka cakupannya hanya sekitar 2km dengan 800 MHz bisa sampai 5-6 km . Namun dengan frekuensi 450MHz bisa sampai 30 km bahkan 120km cakupannya dengan antena khusus.

3. GSM berkemampuan Roaming. Pemilik Handphone GSM dapat menggunakan HP nya di luar daerah atau diluar daerah operatornya sedangkan CDMA belum mampu. Itulah juga mengapa jika kita menggunakan HP CDMA dan ingin berkeluar kota maka kita perlu Combo dulu.

Demikianlah postingan kami mengenai Perbedaan GSM dan CDMA semoga dengan ini kita lebih paham dengan Apa itu GSM dan CDMA. Sehingga nantinya kita juga bisa mengerti dan memahami perkembangan teknologi seluler baik Lokal maupun interlokal.

0 komentar:

Poskan Komentar