DAMPAK GAME ONLINE BAGI KALANGAN REMAJA
DAMPAK GAME ONLINE BAGI KALANGAN REMAJA
Pada akhir-akhir
ini game online semakin meningkat. Berbagai kalangan dapat mengakses asalkan
ada koneksi ke internet dengan itu bisa bermain game online ini dari kalangan
remaja yang memang lagi seneng-senengnya bermain, pelajar tingkat pertama hingga menengah
bahkan sampai anak-anak TK bukanlah hal yang asing lagi. Terbukti dengan
banyaknya warnet yang sudah menyediakan fasilitas internet untuk browsing
ataupun main game online dan dengan
harga yang murah seperti dari jam 12 malam sampai jam 6 pagi hanya di bandrol
10000 rupiah sehingga banyak yang bermain hingga berjam-jam karena mengasikan.
Dengan harga yang super murah itu mereka dapat dengan mudah dan murah conect ke
internet untuk bermain game online dengan puas dan menyenangkan.
Apabila kita ambil sisi positif dari seorang anak
yang selalu bermain game online memang ada seperti seorang pelajar dapat lebih
menguasai komputer lebih lanjut dan menambah pengetahunnya tentang komputer,
browsing, khususnya dunia maya yang banyak berbagai macam ilmu yang
memungkinkan seorang anak akan berkembang dengan pesat. Secara tidak langsung
juga remaja yang bermain game jenis ini dapat menambah krosa kata bahasa asing
khususnya B. Inggris yang dipergunakan pada gamenya dan tak jarang juga mereka
mengartikan sendiri kata-kata yang mereka tidak ketahui sebelumnya. Seperti pada
game yang membutuhkan setrategi dan kekompakan antara pemain yang satu dengan
yang lainnya, dapat mereka gunakan untuk menambah teman walaupun hanya di dunia
nyata maupun maya, dan dapat menambah
jiwa kepemimpinan dan kemandirian remaja yang dituntut untuk menjadi pemimpin
di sebuah game online. Tidak lupa juga game online dapat menghasilkan uang yang
salah satunya dengan menjual sebuah id yang memang sudah levelnya dinggi dalam
permainan tersebut kepada orang yang membutuhkannya. Semua itu sisi positifnya
apabila seorang remaja yang bermain game online namun mereka dapat mengatur
jadwal kapan ia bermain, belajar, dan beribadah secara seimbang.
Memang game online banyak manfaatnya tapi tidak
menutup kemungkinan sisi negatifnya akan muncul. Seperti contoh banyak dari
kalangan pelajar yang tak kelak selalu datang untuk menghabisakan waktunya
bermain game online yang terkadang mereka rela untuk tidak masuk kuliah
(sekolah) hanya untuk bermain game online atau bisa di sebut bolos. Semua yang
di lakukan pelajar tersebut terkadang jarang di ketahui oleh orang tua mereka,
ada saja alasan yang di lontarkan untuk meyaknkan orang tuanya, entah itu
mengerjakan tugas di rumah teman, mencari bahan sekolah, atau pun ada kegiatan
belajar kelompok.
Sebenarnya bermain game online ini sisi
negatifnya seperti membolos yang sudah di paparkan barusan dan di tambah lagi
bermain game online ini hanya menghamburkan waktu dan uang sia-sia. Membuat
para remaja lupa waktu untuk makan dan dapat berakibat fatal seperti sakit, beribadah
dan melupakan semua tugasnya sebagai seorang muslim. Bermain game online ini
juga dapat membuat mata menjadi minus karena terlalu sering berhadapan dengan
monitor secara mata telanjang dan nyatanya mereka-mereka itu masih muda dan
produktif. Ada juga yang berakibat menjadikan para remaja sering berbohong
kepada orang tuanya karena awalnya pamit hanya untuk sekolah namun nyatanya
malah bermain game online.
Dalam
hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak – anak
mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah dan memberi penjelasan kepada
mereka agar manfaatkan waktu sekolah untuk belajar. Sehingga anak-anak mereka
bisa terkontrol,dan orangtuanya dapat mengetahui anaknya. Masih banyak anak
diluar sana yang tidak bisa merasakan bangku pendidikan karena terbentur oleh
faktor ekonomi. Sehingga kita harus bersyukur bisa mengenyam bangku sekolahan.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar