Sharing info seputar Artikel, Tutorial, Informasi yang bermanfaat.

DAMPAK GAME ONLINE BAGI KALANGAN REMAJA

Tidak ada komentar

DAMPAK GAME ONLINE BAGI KALANGAN REMAJA

Pada akhir-akhir ini game online semakin meningkat. Berbagai kalangan dapat mengakses asalkan ada koneksi ke internet dengan itu bisa bermain game online ini dari kalangan remaja yang memang lagi seneng-senengnya bermain, pelajar tingkat pertama hingga menengah bahkan sampai anak-anak TK bukanlah hal yang asing lagi. Terbukti dengan banyaknya warnet yang sudah menyediakan fasilitas internet untuk browsing ataupun  main game online dan dengan harga yang murah seperti dari jam 12 malam sampai jam 6 pagi hanya di bandrol 10000 rupiah sehingga banyak yang bermain hingga berjam-jam karena mengasikan. Dengan harga yang super murah itu mereka dapat dengan mudah dan murah conect ke internet untuk bermain game online dengan puas dan menyenangkan.
Apabila kita ambil sisi positif dari seorang anak yang selalu bermain game online memang ada seperti seorang pelajar dapat lebih menguasai komputer lebih lanjut dan menambah pengetahunnya tentang komputer, browsing, khususnya dunia maya yang banyak berbagai macam ilmu yang memungkinkan seorang anak akan berkembang dengan pesat. Secara tidak langsung juga remaja yang bermain game jenis ini dapat menambah krosa kata bahasa asing khususnya B. Inggris yang dipergunakan pada gamenya dan tak jarang juga mereka mengartikan sendiri kata-kata yang mereka tidak ketahui sebelumnya. Seperti pada game yang membutuhkan setrategi dan kekompakan antara pemain yang satu dengan yang lainnya, dapat mereka gunakan untuk menambah teman walaupun hanya di dunia nyata maupun maya,  dan dapat menambah jiwa kepemimpinan dan kemandirian remaja yang dituntut untuk menjadi pemimpin di sebuah game online. Tidak lupa juga game online dapat menghasilkan uang yang salah satunya dengan menjual sebuah id yang memang sudah levelnya dinggi dalam permainan tersebut kepada orang yang membutuhkannya. Semua itu sisi positifnya apabila seorang remaja yang bermain game online namun mereka dapat mengatur jadwal kapan ia bermain, belajar, dan beribadah secara seimbang.
Memang game online banyak manfaatnya tapi tidak menutup kemungkinan sisi negatifnya akan muncul. Seperti contoh banyak dari kalangan pelajar yang tak kelak selalu datang untuk menghabisakan waktunya bermain game online yang terkadang mereka rela untuk tidak masuk kuliah (sekolah) hanya untuk bermain game online atau bisa di sebut bolos. Semua yang di lakukan pelajar tersebut terkadang jarang di ketahui oleh orang tua mereka, ada saja alasan yang di lontarkan untuk meyaknkan orang tuanya, entah itu mengerjakan tugas di rumah teman, mencari bahan sekolah, atau pun ada kegiatan belajar kelompok.
Sebenarnya bermain game online ini sisi negatifnya seperti membolos yang sudah di paparkan barusan dan di tambah lagi bermain game online ini hanya menghamburkan waktu dan uang sia-sia. Membuat para remaja lupa waktu untuk makan dan dapat berakibat fatal seperti sakit, beribadah dan melupakan semua tugasnya sebagai seorang muslim. Bermain game online ini juga dapat membuat mata menjadi minus karena terlalu sering berhadapan dengan monitor secara mata telanjang dan nyatanya mereka-mereka itu masih muda dan produktif. Ada juga yang berakibat menjadikan para remaja sering berbohong kepada orang tuanya karena awalnya pamit hanya untuk sekolah namun nyatanya malah bermain game online.
Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak – anak mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah dan memberi penjelasan kepada mereka agar manfaatkan waktu sekolah untuk belajar. Sehingga anak-anak mereka bisa terkontrol,dan orangtuanya dapat mengetahui anaknya. Masih banyak anak diluar sana yang tidak bisa merasakan bangku pendidikan karena terbentur oleh faktor ekonomi. Sehingga kita harus bersyukur bisa mengenyam bangku sekolahan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar