Sharing info seputar Artikel, Tutorial, Informasi yang bermanfaat.

Perbedaan Psikolog,Psikiater, dan Psikopat?

Tidak ada komentar

Perbedaan Psikolog,Psikiater, dan Psikopat?

 Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ψυχή" (Psychē yang berarti jiwa) dan "-λογία" (-logia yang artinya ilmu) sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

Psikologi


Psikolog : pengertian psikolog


Psikolog adalah seorang ahli dalam bidang psikologi, bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikolog dapat dikategorikan ke dalam beberapa bidang tersendiri sesuai dengan cabang ilmu psikologi yang ditekuninya. Tetapi kata "psikolog" lebih sering digunakan untuk menyebut ahli psikolog klinis, ahli psikologi di bidang kesehatan mental. 




Psikiater

Psikiater : pengertian psikiater


Psikiater adalah dokter yang mempelajari ilmu jiwa. Mereka memiliki gelar dokter, tetapi mempelajari dan memperdalam ilmu kejiwaan. Psikiater juga biasanya adalah seorang dokter (S1) yang meneruskan pendidikannya di bidang psikiatri pada jenjang S2. Dalam bahasa sederhana, psikiater adalah dokter jiwa karena selain menguasai ilmu-ilmu medis, dia juga menguasai ilmu kejiwaan. 
Psikiater mengobati pasiennya yang punya masalah kejiwaan dengan memberikan obat. Sebab, beberapa penyakit jiwa bisa jadi disebabkan oleh keadaan tubuh yang sedang tidak sehat, yang bisa disembuhkan atau dikurangi dengan mengobati organ tubuh yang berhubungan dengan gejala kejiwaan yang sedang diderita.


Psikopat

Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut orang gila tanpa gangguan mental. Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau di rumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan.Psikopat : Psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa. Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya.


Kesimpulan :
-       Psikolog : Ahli kejiwaan/Mental yang menggunakan Logika dan pendekatan ( missal sharing/Problem Solving ) pada clientnya.
-       Psikiater : Dokter yang mempelajari ilmu kejiwaan & lebih sering menggunkan obat penenang dibanding pendekatan.
-       Psikopat : Orang gila tanpa gangguan mental / orang yang sadar akan kegilaannya dan menganggap itu merupakan hal wajar / umum.
   

It    itulah kesimpulan yang dapat di tarik dari beberapa definisi diatas, dan semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memahami perbedaan antara psikolog, psikiater, dan psikopat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar